Sosialisasi Asesmen Kompetensi Minimum SMAN 2 Sekayu

Info SMANDA

0

Hari ini, Jumat, Sekayu, 22 Januari 2021 SMA Negeri 2 Sekayu mengundang calon peserta Assasmen Kompetensi Minimum (AKM) di Ruang Kafferatia SMA Negeri 2 Sekayu. Kegiatan yang diikuti oleh calon peserta AKM yaitu peserta didik kelas XI MIPA dan IPS yang berjumlah 50 siswa yang dipilih langsung oleh pihak Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sosialisasi AKM ini dipimpin langsung oleh Bapak Hendri, S,Pd. M.Si, Kepala SMAN 2 Sekayu, dengan didampingi oleh Bapak Burtani, S,Pd, Koordinator Wakil Kepala Sekolah, Ibu Yuliani, S.Pd. M.Si. Selaku Waka Kurikulum, Ibu Suci Mildayuni, S.Pd. Gr. dan Ibu Eka Nir Romadhoni, S.Pd,

AKM adalah salah satu bentuk survey yang akan dilakukan oleh Kemdikbud. Tujuannya untuk pemetaan mutu pada satuan pendidikan. AKM bentuknya soal-soal yg akan dikerjakan peserta didik kelas XI sesuai jurusan yang tersedia dan dipilih langsung Oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) adalah kompetensi yang benar-benar minimum di mana kita bisa memetakan sekolah-sekolah dan daerah-daerah berdasarkan kompetensi minimal. Apa itu materinya. Materinya yang bagian kognitifnya hanya dua. Satu adalah literasi dan yang kedua adalah numerasi.

Disampaikan oleh kepala Bapak Hedri, S.Pd.M.Si., SMAN 2 Sekayu bahwa Literasi bukan hanya sekadar kemampuan membaca, tapi juga kemampuan menganalisis suatu bacaan serta kemampuan untuk mengerti atau memahami konsep di balik tulisan tersebut.

Sedangkan numerasi adalah kemampuan menganalisis menggunakan angka. Literasi dan numerasi bukan mata pelajaran bahasa atau matematika, melainkan kemampuan murid-murid menggunakan konsep itu untuk menganalisis sebuah materi.

Hal itu menjadi pemicu dan pemacu bagi setiap sekolah untuk menyelenggarakan sosialisasi intensif kepada siswa supaya tidak gagap dan gugup menghadapi AKM pada bulan Maret 2021 nanti.

SMA Negeri 2 Sekayu menyelenggarakan program sosialisasi AKM untuk kelas XI terpilih. Disampaikan oleh Bapak Hendri, S.Pd.M.Si., Kepala SMAN 2 Sekayu dan juga Ibu Yuliani, S.Pd.M.Si, Wakil Kurikulum menjelaskan terkait dengan program penyelenggaraan AKM. Diharapkan peserta didik terpilih untuk lebih semangat dalam belajar dan berlatih dalam mengerjakan soal-soal AKM.

Dokumentasi Kegiatan

Gambar 1. Pengarahan di awal Acara Oleh Rojaki, M.Pd.

 

Gambar 2. Sambutan Sekaligus Pengarahan dari Bapak Hendri, S.Pd. M.Si. (Kepala SMAN 2 Sekayu)

Gambar 3.  Pengarahan dari Ibu Yulinai, S.Pd. M.Si. (Waka Kurikulum)

Gambar 4.  Peserta didik Kelas XI MIPA dan IPS Yang mengikuti sosialisasi AKM

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.