Senangnya Terpilih Menjadi Peserta Bimtek Penulisan Artikel Ilmiah Tahun 2021

0

Pertengahan bulan Mei 2021 yang lalu, di group WhatsAap sekolah seperti biasa bapak kepala sekolah memposting pemberitahuan dari GTK Kemdikbud berupa seleksi peserta bimtek penulisan artikel ilmiah. setelah membacanya aku tertarik untuk ikut bagian sebagai peserta seleksi bimtek tersebut. Esok harinya aku membuka link pendaftaran dan mengisi biodata dan mengirinkan semua persyaratan berupa PTK hasil karya kita, dan judul jurnal yang kita buat, siapa penerbit dan nomor ISSN yang dikeluarkan oleh LIPI. Setelah semua persyaratan selesai aku langsung submit.

Waktu terus berlalu, aku tetap menjalankan tugasku sebagai guru. Sampai masuk bulan Juli 2021, setelah makan malam seperti biasa aku membuka handphoneku untuk melihat whatsAap ternyata ada group baru bernama “Bimtek Artikel Ilmiah” yang mana nomor whatsAapku ditambahkan.

Langsung aku klik, ada informasi dari admin di chat group “Selamat datang di group Bimtek Artikel Ilmiah bapak ibu guru hebat, anda masuk/lolos seleksi Bimtek Artikel Ilmiah”. Setelah selesai membaca tulisan tersebut hatiku senang sekali. Terbayang olehku akan mendapat ilmu dari nara sumber yang hebat tentang bagaimana cara menulis artikel ilmiah. Tak henti-hentinya aku bersyukur kepada tuhan.

Peserta yang lolos sebanyak 100 orang dari guru SMK SMA dan SLB dari seluruh Indonesia. Pendampingan tahap 1 dimulai tanggal 7 Juli s.d 14 Juli 2021, pendampingan tahap ke 2 dimulai tanggal 15 Juli s/d 22 Juli 2021, pendampingan tahap 3 dimulai tanggal 22 Juli s/d 5 Agustus 2021. Proses pembelajaran bimtek  dilaksanakan secara daring dengan cara webinar, konfrensi video, pendampingan penulisan secara synchronous dan asynchron0us, penugasan individu, dan penyusunan tindak lanjut.

Peserta juga wajib mengikuti Webinar   guru menulis yang diselenggarakan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Dikmen Diksus. Webinar  Guru menulis diselenggarakan di zoom meeting, dan live di youtube chanel GTK Dikmen Diksus, Wibinar ke 1 diselenggarakan tanggal 6 Juli 2021, webinar ke 2 tanggal 15 Juli 2021, dan webinar ke 3 tanggal 22 Juli 2021. Semua materi  dari webinar 1, 2, dan 3 sangat menarik, bagus, dan bermanfaat sekali dari tema bagaimana pengajuan usulan naik tingkat atau golongan bagi guru, apa saja syarat PKB untuk guru yang akan mengusulkan naik tingkat/golongan, dan sebagainya

Semoga bimtek ini bermanfaat bagi guru-guru se-Indonesia, meningkatkan profesionalisme, dan kompetensi ASN dalam perkembangan dan persaingan SDM Indonesia, serta meningkatkan prestasi kerja ASN berbasis kompetensi.  Dengan menulis karya kita akan selalu dibaca dan dilihat orang, walaupun kita sudah tidak ada lagi di dunia ini.

Sepenggal cerita dari grup Bimtek Menulis Artikel Ilmiah: Ida Liana, M.Pd.

 

 

 

 

Surat Bimtek 2021_2

Rojaki, M.Pd./SMA Negeri 2 Sekayu (Perwakilan Sumatera Selatan)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.