Peringati Nuzulul Quran, DWP Kab. Muba Disdik Sumsel Berikan Santunan

0

Jumat, 30 April 2021 Keluarga Besar SMAN 2 Sekayu  melaksanakan kegiatan pengajian rutin. kali ini kegiatan yang berlangsung  di Masjid Darul Amal, pengajian rutin bersama Ibu-Ibu Darma Wanita Persatuan (DWP) Kab. Muba, Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel. Tema  dalam pengajian ini yaitu  memaknai peristiwa Nuzulul Quran yang disampaikan oleh Ibu Asti Triasih, S.Sos. I., M.Pd. I.

Nuzulul Quran adalah peristiwa awal turunnya Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW secara bertahap. Saat itu, Rasulullah berdiam diri di Gua Hira, Jabal Nur, yang berjarak lebih kurang 6 km dari Mekkah. Pada malam 17 Ramadhan, terjadi peristiwa turunnya ayat pertama Al Quran, yakni surat Al-Alaq ayat 1-5, melalui perantara malaikat Jibril.

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.”

Peristiwa Nuzulul Quran berbeda dengan Lailatur Qadar, walaupun keduanya merupakan peristiwa turunnya Al Quran, namun Lailatul Qadar adalah turunnya Al Quran dari Lauhul Mahfudz ke Baitul Izzah (langit dunia).

Setelah usai kajian, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian bantuan sosial (santunan) oleh  bu-Ibu Darma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Muba,  Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel. Santunan diberikan kepada warga di sekitar lingkungan SMAN 2 Sekayu yang kurang mampu dan peserta didik yang kurang mampu dari beberapa sekolah di lingkungan  Sekayu, Musi Banyuasin.

Gambar 1. Foto bersama Keluarga Besar SMAN 2 Sekayu  bersama Ibu-Ibu Darma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Kabupaten Muba di Masjid Darul Amal dalam kegiatan  pengajian rutin setiap hari Jumat.

 

Gambar 2. Foto bersama Keluarga Besar SMAN 2 Sekayu  bersama Ibu-Ibu Darma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Kabupaten Muba di Masjid Darul Amal dalam kegiatan  pengajian rutin setiap hari Jumat.

 

Gambar 3.  Doa bersama Keluarga Besar SMAN 2 Sekayu  bersama Ibu-Ibu Darma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Kabupaten Muba di Masjid Darul Amal

 

Gambar 4. Doa bersama Keluarga Besar SMAN 2 Sekayu  bersama Ibu-Ibu Darma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Kabupaten Muba di Masjid Darul Amal.

 

Gambar 5. Kegiatan dipandu  oleh Ibu Eka Novira, S.Pd. I. M.Pd. Doa bersama Keluarga Besar SMAN 2 Sekayu  bersama Ibu-Ibu Darma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Kabupaten Muba di Masjid Darul Amal

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.